GAK USAH GALAU, HAJI DAN UMRAH ITU PANGGILAN ALLAH

Tahun 2013 boleh dibilang tahun yang sangat merisaukan bagi Umat Islam di seluruh dunia yang akan melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci. Terlebih lagi bagi Umat Islam di Indonesia yang sudah mengantongi izin berangkat haji tahun 2013 ini. Pemerintah Indonesia melalui Meteri Agama Suryadharma Ali telah menegaskan bahwa pembatasan kuota Haji Indonesia sebesar 20% terpaksa harus dituruti mengingat negosiasi pemerintah Indonesia dengan pihak kementrian Haji Arab Saudi mengalami kegagalan. Sebagaimana yang diketahui bersama, Indonesia melalui Menteri Agama berupaya me-lobi kembali Pemerintah Saudi agar pemangkasan kuota 20% jama’ah haji 2013 s.d. 2016 tidak diberlakukan kepada jama’ah haji Indonesia.

Saat ini pemerintah melalui Kementrian Agama telah mengeluarkan Peraturan Menteri Agama tentang Kriteria Keberangkatan Jama’ah haji tahun 2013. Dalam aturan tersebut telah dirinci kriteria Jama’ah Haji yang akan di berangkatkan tahun 2013 ini dan kriteria Jama’ah yang tidak akan diberangkatkan tahun 2013 baik dari Jama’ah Haji Reguler maupun Haji Khusus.

Makkah Al Mukarrama-20130505-00213
Renovasi Mathaf (area thawaf) yang berimbas pada pembatasan jama’ah Haji

Tentunya kabar ini kurang begitu menggembirakan, namun harus kita terima dengan penuh keikhlasan. Ibadah Haji maupun Umrah itu sejatinya adalah panggilan Allah Swt yang harus kita sadari betul dengan sepenuh hati. Meskipun kita sudah mempersiapkan segalanya dari mulai mendaftarkan diri, menunggu sampai tahun keberangkatan, kemudian melunasi seluruh biaya yang ada dan sampai waktunya kita masuk daftar jama’ah haji yang berangkat tahun ini, toh belum tentu kita benar-benar dipanggil oleh Allah ke Baitullah.

mathaf expansionPemasangan Area Thawaf Sementara

Ada dua hal yang menentukan keberangkatan kita ke Baitullah, yang pertama adalah Nisab. Apakah itu Nisab? kurang lebih Nisab itu mengandung arti persiapan yang terukur secara manusiawi. Kalau kita sudah punya uang untuk bayar biaya paket haji, kondisi fisik secara medis bisa berangkat ibadah, kemudian waktu juga sudah bisa dikondisikan, maka ketiga hal tadi merupakan bentuk kesiapan kita secara Nisab- artinya kesiapan berangkat dalam ukuran kita sebagai manusia.

Namun, kita juga harus sadar bahwa ada satu lagi penentu keberangkatan kita ke Baitullah, yaitu Nasib. Faktor Nasib inilah yang dimaknai sebagai ketentuan dari Allah Swt. Kepada Allah jualah nasib keberangkatan haji kita serahkan. Apakah bisa berangkat tahun ini ataukah tertunda ke tahun berikutnya. Meskipun secara Nisab kita sudah siap, namun belum tentu Nasib nya siap.

Oleh karena itu marilah kita serahkan segalanya kepada Allah Swt. Berangkat atau tidak berangkat di tahun 2013 ini, hanya Allah yang tahu apa yang terbaik buat kita. Bagi anda yang sudah melunasi biaya haji dan sudah terdaftar berangkat tahun ini, namun masuk dalam daftar yang kemungkinan ditangguhkan berangkatnya sebagai efek pemangkasan 20% jama’ah, maka tidak ada alasan bagi anda untuk risau, galau dan gundah gulana. Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk anda karena bisa jadi Allah sedang menguji keimanan anda. Mari kita kembali buka firman Allah berikut ini,

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?. Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (Q.S. Al-‘Ankabuut [29] : 2-3)

Perhatikan juga Hadits Rasulullah Saw berikut ini,

“Sungguh menakjubkan (luar biasa) urusan seorang mukmin. Sesungguhnya setiap urusannya akan mendatangkan kebaikan, apabila dia mendapatkan nikmat, dia bersyukur, dan syukur itu adalah kebaikan untuknya. Bila ia mendapatkan musibah, dia bersabar dan sabar itu adalah kebaikan untuknya. Hal yang demikian itu tidaklah diberikan kecuali untuk orang yang beriman.” (HR. Muslim)


Share This :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kami siap membantu anda !

×