Kaum Muslimin Jangan Tergiur Paket Umrah Murah

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/224527

PIKIRAN RAKYAT
Minggu, 24/02/2013 – 16:33

BANDUNG, (PRLM).- Kaum Muslimin harus hati-hati saat akan memilih paket umrah denga tidak tergiur harga murah. Sebagai gambaran tiket pesawat termurah Jakarta-Jeddah PP sekitar 1.150 dollar AS dan pengurusan visa uimrah antara 80-100 dolar AS.

“Untuk tiket pesawat dan visa umrah saja sudah 1.250 dolar AS atau Rp 12,5 juta. Belum lagi untuk sewa bus di Tanah Suci sebesar 400 Real Saudi, hotel di Makkah paling murah sekitar 400 Real, dan makan per hari dengan katering minimal 50 Real. Belum termasuk biaya mutawaif. Kalau dijumlah harga rasional untuk umrah minimal 1.800 dolar AS,” kata Ketua Dewan Penasihat Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh), H. Rustam Sumarna, di Khalifah Tour, Minggu (24/2/2013).

Menurut Rustam, untuk memilih biro perjalanan haji plus maupun umrah yang terpercaya dengan bertanya dulu kepada keluarga, teman atau kerabat yang pernah menggunakan agen perjalanan yang mereka percaya. “Bisa juga dengan melakukan survei dengan mendatangi agen perjalanan haji/umrah, namun tentu membutuhkan waktu dan tenaga tersendiri. Saat berkunjung ke kantor agen perjalanan haji/umrah, pertimbangkan segala sesuatu mulai dari tampilan kantor sampai dengan cara mereka mendengar serta menjawab pertanyaan Anda. Agen yang baik akan berusaha membangun hubungan jangka panjang dengan klien, tidak semata mengejar sebuah transaksi di depan mata,” ujarnya.

Masyarakat juga diminta Rustam untuk tak segan menanyakan izin menyelenggarakan umrah maupun haji plus dari Kementerian Agama. “Terkadang ada travel yang hanya punya izin umrah, namun melayani haji plus sebagai agen dari biro perjalanan haji plus yang sudah terlebih dulu memiliki izin. Bahkan, tak sedikit travel umrah baru tak memiliki izin, namun memberangkatkan dengan bergabung ke travel lain,” ungkapnya.(A-71/A-147)***


Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*