MUSLIM TOUR
Beautiful TURKEY
Most Attractive & World’s Largest Museum

TURKEY EXPLORE 9D8N || ISTANBUL+UZBEKISTAN || UMRAH + ISTANBUL || PROGRAM UMRAH 2018


Berbicara Negara Turki akan banyak ceritera dan kisah, dari mulai sejarah nenek moyang mereka yang terkenal kuat, gagah, loyal, ahli perang, nomaden, sehingga melahirkan Dinasti Seljuk yang merupakan cikal bakal keberadaan Dinasti Otoman/Utsmaniyah. Juga berkaitan dengan peran kekinian yang saat ini ada, Turki telah menjadi kekuatan Ekonomi Eropa dan Dunia. Jangan ditanya untuk urusan sektor wisata, Turki dinobatkan sebagai salah satu negara yang paling banyak diminati di dunia, bahkan Istanbul disebut-sebut sebagai kota wisata yang paling atraktif di dunia.

Negara yang 3% wilayahnya masuk ke benua Eropa menjadikannya stategis secara politik, ekonomi, dan dengan runutan sejarah panjang Turki menjadi kawasan wisata sejarah terbesar di dunia. Turki adalah negara ke-37 terbesar di dunia dalam hal luas. Negara ini dikelilingi oleh lautan di tiga sisi: Laut Aegea di sebelah barat, Laut Hitam di utara dan Mediterania di selatan. Terdapat juga Laut Marmara di barat laut. Terdapat selat Bhosphorus yang membelah Turki menjadi bagian Asia dan Eropa.

Bagian Eropa dari Turki, berbatasan dengan Yunani dan Bulgaria. Bagian Asia dari negara ini sebagian besar terdiri dari  semenanjung Anatolia yang berbatasan dengan Georgia di timur laut; Armenia, Azerbaijan, dan Iran di sebelah timur; dan Irak dan Suriah di tenggara; dan Laut Mediterania di sebelah selatan. Beberapa destinasi yang menarik untuk dikunjungi di Turki adalah …
ISTANBUL

Selat Bhosphorus yang membelah Istanbul menjadi wilayah Eropa dan Asia

Istanbul merupakan salah satu kota besar yang sangat terkenal dengan nuansa sejarah masa lampau dan tentunya begitu pekat dengan daya pikat keindahan pemandangan di seanteronya. Kota ini menjadi satu-satunya kota di dunia yang tersebar di dua benua: terletak di titik dimana Asia dan Eropa dipisahkan oleh selat sempit bernama Bosphorus.

Kota bersejarah Istanbul terletak di semenanjung sempit yang terbagi oleh tiga bagian yaitu Laut Marmara, Bosphorus, dan Golden Horn. Kota ini telah menjadi ibu kota dari tiga kekaisaran besar, yaitu Roma, Byzantinum, dan Dinasti Ottoman. Selama lebih dari 1.600 tahun lamanya sekitar lebih dari 120 kerajaan dan kesultanan memerintah dunia pada zamannya dari tempat ini. Wow, tidak ada kota lain di dunia ini yang bisa menyamai pencapaian ini, luar biasa bukan!

Kota Istanbul di Turki, memiliki sejarah yang panjang. Ketika mendengar nama kota ini disebut segera yang terbayang dibenak kita ialah gambaran kebesaran imperium Utsmani. Dan memang, di kota ini banyak terdapat situs peninggalan kekaisaran Turki Utsmani. Situs-situs bersejarah itu menginformasikan betapa besar dan kuatnya Turki Utsmani di bawah para khalifahnya untuk menembus wilayah-wilayah Eropa membawa agama Islam.

Adalah Sultan Mehmet II yang dikenal dengan sebutan Muhammad Al Fatih yang berhasil menaklukan

Aya Sofia (Hagia Sofia), Istanbul

Konstantinopel yang kemudian diubah namanya menjadi Islambul yang berarti Islam secara keseluruhan atau Kota Islam. Jadi, sebetulnya bukan Istanbul seperti kita kenal sekarang. Penyebutan Istanbul muncul dari orang Barat. Karena merasa berat dan risih mendengar kata Islam, maka mereka menyebutnya sebagai Istanbul.

Karena prestasinya menaklukkan Konstantinopel, Muhammad kemudian mendapat gelar Al-Fatih, Sang Pembebas. Namun orang Barat menyebutkan The Conqueror, Sang Penakluk. Ada kesan bila menggunakan kata “Sang Penakluk” bahwa beliau seolah-olah penguasa yang keras dan kejam. Padahal gelar yang sebenarnya dalam bahasa Arab adalah Al-Fatih. Artinya ‘pembuka’ atau ‘pembebas’. Kata ini terkesan santun dan beradab. Karena pada hakikatnya, yang beliau lakukan bukan penaklukan atau penindasan, melainkan pembebasan menuju kepada iman dan Islam.

Topkapi Palace Museum, Istanbul

Istanbul, dengan keidahan alam dan kekayaan sejarahnya, adalah kota dengan potensi turis lokal dan internasional yang sangat tinggi, dan dari satu sisi inilah Istanbul menjadi kota paling aktraktif di dunia. Di samping banyak keindahan alamnya, Istanbul memiliki banyak karya sejarah peninggalan periode Byzantinum dan Ottoman.

Istanbul juga memiliki peranan penting sebagai pusat belanja para pelancong dari seluruh dunia. Lihat saja pencapaian yang ada di Covered Bazaar. Dalam satu hari saja di pasar yang banyak menjual pernak-pernik dan oleh-oleh khas Turki ini ada sekitar 7.000 turis yang mengunjungi pasar yang memiliki luas 47.600 m2 diliputi 61 jalan dan terdiri dari 2.600 toko termasuk di dalamnya cafe dan penjual makanan.Bagi anda yang suka belanja di pasar oleh-oleh, tentu ini kabar yang sangat menggembirakan bukan?

Grand Covered Bazaar, Istanbul

 


TURKEY EXPLORE 9D8N || ISTANBUL+UZBEKISTAN || UMRAH + ISTANBUL || PROGRAM UMRAH 2018


Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*