HIKMAH Spiritual Leadership

IN HOUSE TRAINING & OUTBOUND TRAINING. Beragam pendapat menyatakan bahwa bencana dan krisis sesungguhnya bisa memiliki aspek-aspek positif mungkin terdengar klasik dan tidak begitu simpatik. Krisis merupakan situasi yang menyakitkan, sukar dan mengancam dan tentunya tidak ada seorangpun yang berharap krisis datang padanya. Namun sayangnya, permasalahan hidup dan krisis merupakan hal yang tidak terelakkan dalam kehidupan kita. Ia hadir mengiringi dinamika hidup yang kita jalani setiap hari hingga saat ini. Aristoteles mengatakan “life is never flat”, hidup selalu fluktuatif antara sukses dan terpuruk. Bahagia dan kecewa saling mengejar satu sama lainnya. Pada satu titik kita mengalami kemajuan yang sangat berarti. Perkembangan serta pertumbuhan luar biasa kita raih setelah berjuang tak kenal lelah dari keadaan yang pahit dan sulit. Namun dipenghujung sana kita menemukan tantangan dan rintangan lainnya, bahkan tidak sedikit yang terjatuh dari kesuksesan.

Belajar mengatasi masalah, bertindak preventif terhadap potensi krisis, cerdas mengelola krisis, serta bangkit dari situasi krisis dengan cara yang baik adalah kemampuan yang sangat penting. Krisis bisa diantisipasi tetapi tidak semua krisis bisa kita hindari dan oleh karenanya yang bisa dilakukan adalah dengan memahaminya dan menghadapinya. Dengan upaya serius kita akan lebih menyadari bahwa masalah, bencana dan krisis akan memaksa kita menciptakan perubahan-perubahan dalam aktivitas kita dan dapat menjadi katalisator untuk perubahan-perubahan positif yang mengagumkan.

Kita semua tidak pernah berharap terjadi krisis pada diri kita ataupun pada karir, perusahaan, bisnis dan keluarga kita. Namun kenyataannya godaan serta rintangan justru semakin berat saat sukses di masa kejayaan. Tidak sedikit  orang sukses yang tidak menyadari bahwa mereka telah ‘menabung’ embrio kejatuhan dan keterpurukan justru pada saat-saat kehidupan sukses yang sedang dijalaninya. Apa yang kita lakukan hari ini akan berdampak penting bagi masa depan, demikian pula apa yang kita lupakan dan abaikan hari ini akan berdampak luas pula pada keadaan kita di masa mendatang. Allah Swt telah menegaskan dalam firman-Nya, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memerhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok, dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Hasyr [59] : 18)

Perintah Allah Swt kepada kita agar memerhatikan apa yang telah diperbuat untuk hari esok dipahami oleh mufasir sebagai perintah untuk melakukan evaluasi terhadap amal-amal yang telah dilakukan (M. Quraish Shihab). Apakah aktivitas yang kita lakukan hari ini cenderung lebih baik ataukah lebih buruk? Pertanyaan inilah yang seharusnya melandasi setiap aktivitas yang kita lakukan sehingga jauh lebih berhati-hati dari tindakan menyimpang dan akan meminimalisir peluang kemunculan krisis.

Banyak hal yang perlu digali tentang bagaimana seharusnya kita lebih berhati-hati dalam tindakan serta bagaimana manangani krisis kehidupan seperti KRISIS KEPERCAYAAN DIRI, KRISIS MORAL, KRISIS IDENTITAS dan KRISIS KEPEMIMPINAN yang bisa berdampak pada kehidupan sendiri ataupun berdampak luas pada lingkungan kita (rumah atau perusahaan).

HIKMAH Spiritual Leadership merupakan media pembelajasaran, pembinaan dan pengembangan diri ataupun kelompok yang fokus pada upaya membangun mental spiritual agar setiap pribadi bisa terhindar dari berbagai krisis kehidupan seperti di atas secara lebih preventif. Pembelajaran dilakukan mulai dari aspek penilaian diri dan kelompok, yaitu sejauhmana aktivitas hidup, tindakan serta perilaku yang selama ini ada mampu menyokong ketahanan terhadap krisis hidup yang bisa merugikan dirinya maupun kelompoknya.

 

ORIENTASI PELATIHAN

A. Target Pelatihan

  1. Mengenali potensi diri / kelompok (kelemahan dan kekuatan).
  2. Memahami dan mengantisipasi perubahan yang sedang dan akan terjadi.
  3. Dapat lebih mengendalikan diri secara efektif.
  4. Termotivasi untuk lebih produktif lagi.
  5. Mampu menerapkan teknik-teknik menghadapi krisis diri / kelompok.

 

B. Tujuan Pelatihan

  1. Memberikan pembelajaran untuk senantiasa bersikap dan berperilaku positif dalam setiap keadaan.
  2. Menyiapkan ‘mental bertanding’, tidak mudah menyerah dan putus asa.
  3. Menumbuhkan kesiapan menghadapi dan mengelola krisis.

 

C. Manfaat Pelatihan

  1. Peserta akan mendapatkan arahan tentang pengelolaan jiwa (hati dan pikiran) guna menghadapi berbagai persoalan ataupun krisis hidup sehingga semakin tertanam keyakinan untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam segala situasi dan keadaan.
  2. Peserta akan dibekali motivasi spiritual sehingga lebih siap lagi menghadapi segala tantangan di masa depan.
  3. Peserta akan dikondisikan untuk bisa menanam, memupuk, serta memelihara semangat bekerja sehingga bisa lebih produktif lagi di masa mendatang.

 

D. Sasaran Pelatihan

Pelatihan ini sangat cocok diikuti oleh Pimpinan dan Karyawan di Perusahaan, Group Pengajian / Majelis Taklim, Mahasiswa dan Pelajar.

 

METODE PELATIHAN

Metode yang digunakan dalam Outbound Training for Spiritual & Motivation adalah pembelajaran partisipatorik yang akan mengajak peserta berpartisipasi aktif dalam setiap sesi pelatihan serta metode hadap masalah yang akan mengajak peserta untuk mencari solusi dari permasalahan yang sedang dihadapinya.

 

 

MATERI PELATIHAN

a.    Spiritualitas Kehidupan
b.   Muhasabah (evaluasi diri)
c.    Self Leadership
d.   Hidup Produktif
e.    Kerjasama Dalam Visi Kebaikan
f.     Creative Problem Solving
g.    Memelihara Keimanan

 

KORPS INSTRUKTUR

1. DR. Aam Amiruddin, M.Si
2. DR. Tauhid Nur Azhar, M.Kes
3. Team Instruktur Percikan Iman


BAGI ANDA YANG BERMINAT MENYELENGGARAKAN HIKMAH LEADERSHIP TRAINING UNTUK ORGANISASI/PERUSAHAAN/LEMBAGA/SEKOLAH ANDA, SILAHKAN MENGHUBUNGI KAMI DI:

 

 

 

 

Percikan Iman Learning Center
Phone 022-70720246, 70711607, 7103100
cso@percikanimantours.co.id

 

EVENT TERKAIT

Outbound Training Baitul Maal – Pupuk Kujang Cikampek

Spiritual & Motivation Training – IKM BCA Bandung

Spiritual & Motivation Training – Poltekes Gigi Bandung

Ramadhan Spiritual Quotient – CIMB Niaga Jawa Barat

Spiritual Motivation Training – Dinas Bina & Pengairan Marga Kota Bandung


Share This :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kami siap membantu anda !

×