Standar Bimbingan Umrah & Haji Percikan Iman

By : Yogi P. Sugiar

Sebagai lembaga bimbingan ibadah Haji Khusus dan Umrah yang professional maka tentunya Percikan Iman Tours & Travel memiliki pedoman dalam pelaksanaan penyelenggaraan bimbingan ibadah Haji maupun Umrah.

Standar Bimbingan Ibadah Umrah Percikan Iman adalah sbb:

BENARTidak Menyesatkan
Ibadah Haji dan Umrah merupakan ibadah yang sudah ditentukan rukun dan tata caranya oleh Allah melalui penjelasan sunnah Nabi Saw sebagaimana sabda Rasulullah Saw, “Ambillah dariku cara melaksanakan manasik hajimu” (H.R. Muslim). Oleh karenanya, hal yang pertama dalam pelaksanaan bimbingan haji dan umrah di Percikan Iman adalah aspek pelaksanaan ibadah yang sesuai dengan contoh dari Rasulullah Saw dengan tidak mengurangi atau menambahkannya.

LENGKAPTidak Setengah-setengah
Kelengkapan data dan informasi dalam bimbingan ibadah Haji dan Umrah merupakan hal yang sangat penting. Data atau informasi mengenai ritual ibadah, teknis perjalanan, serta hal-hal yang menyangkut perjalanan ibadah secara keseluruhan diberikan ke semua jama’ah pada saat melaksanakan manasik haji/umrah sebelum berangkat, saat briefing atau tausyiah di tanah suci, dibukanya forum konsultasi selama perjalanan ibadah haji dan umrah oleh pembimbing ibadah.

DETILTidak Membingungkan
Penjelasan mengenai pelaksanaan ibadah, rundown acara maupun teknis perjalanan disampaikan dengan rinci dan detil untuk menghindari kebingungan semua jama’ah. Tidak bisa dipungkiri saat berada di tanah suci seringkali terjadi kebingungan. Kebingungan itu muncul bisa jadi dilatarbelakangi oleh disorientasi seperti rute perjalanan dari hotel menuju masjidil haram atau sebaliknya. Bisa juga karena lupa dalam pelaksanaan ibadah seperti pelaksaan thawaf dan sa’i. Penjelasan yang rinci dan detil mengenai acara, lokasi2 yang akan dikunjungi serta pelaksanaan ibadah yang benar akan sangat membantu para jama’ah dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah.

BERTAHAPTidak Terjadi Information Overloaded
Pengarahan dan penjelasan yang rinci juga perlu pengaturan dalam penyampaiannya. Informasi seputar ibadah dan perjalanan akan sangat baik apabila disampaikan secara bertahap untuk menghindari informasi yang berlebih sehingga akan mengurangi daya tangkap para jama’ah. Dalam waktu-waktu tertentu informasi seputar ibadah dan perjalanan tersebut akan diulang secara bertahap pula supaya semua jama’ah benar-benar memiliki pengetahuan yang cukup tentang apa yang harus mereka lakukan atau mereka persiapkan.

MENENTRAMKANMembuat Tenang Jama’ah
Suasana batin yang tenang, khusyu, dan tentram sangat diperlukan dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Oleh karenanya pengarahan dan bimbingan di Percikan Iman akan berlabuh tidak hanya kepuasaan secara materil namun juga akan didapatkan kepuasan secara batiniah.

Demikian lima standar bimbingan manasik Haji dan Umrah Percikan Iman yang senantiasa menjadi pedoman bagi semua pembimbing Percikan Iman, semoga bermanfaat.


 


Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WhatsApp chat