Tips Memilih Program Umrah

Dewasa ini minat Umat Islam untuk melaksanakan ibadah umrah semakin meningkat. Hal tersebut menjadi sangat nyata apabila kita menilik keadaan jama’ah umrah yang setiap tahun semakin meningkat. Sebelum tahun 2008, jumlah jama’ah masih bertumpuk di beberapa bulan tertentu saja seperti umrah liburan sekitar bulan juni-juli dan umrah bulan Ramadhan. Di bulan-bulan tersebutlah rata-rata terjadi kepadatan jama’ah yang berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan Umrah. Namun, memasuki tahun 2010 kita menemukan kenyataan bahwa Masjidil Haram terus dipadati jama’ah dihampir setiap bulan dari bulan Februari sampai akhir bulan Ramadhan. Masjidil Haram baru terlihat sepi di bulan Syawal hingga beberapa bulan setelah pelaksanaan ibadah haji karena pemerintah Saudi tidak mengeluarkan visa Umrah untuk beberapa bulan tersebut.

Bagaimana dengan minat Ibadah Umrah di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam? Sepertinya sebelum pertanyaan ini mengemuka kita semua sudah mengetahui bahwa di Indonesia minat Umat Islam untuk ber-Umrah sudah sangat tinggi bahkan semakin meningkat. Seperti yang dilansir Republika Online berdasarkan data yang disampaikan oleh Direktur Pembinaan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Ahmad Kartono pada awal Februari 2012 yang menyebutkan bahwa terjadi peningkatan jamaah umrah yang cukup signifikan. Tercatat 210 ribu jama’ah umrah tahun 2010 dan meningkat menjadi 295 ribu di tahun 2011. Dan di tahun 2012 ini jumlah umat islam yang beribadah umrah ke tanah suci mencapai 442 rb jama’ah.

Kondisi di atas tentunya sangat menggembirakan. Minat yang sangat besar dari sebagian umat islam untuk beribadah ke tanah suci yang cukup tinggi ini paling tidak menyimpan harapan bahwa nilai-nilai ibadah Umrah harusnya terealisasi dalam kehidupan nyata saat para jama’ah pulang kembali ke tanah air saat mereka kembali bersosialisasi dengan lingkungan terdekatnya. Tujuan utama ibadah umrah dan haji adalah meraih kemabruran, yaitu ibadah yang diterima oleh Allah SWT. Salah satu indikator kemabruran adalah terjadinya perbaikan nilai kehidupan terutama perbaikan akhlak dan ketaatan umat terhadap Allah SWT.

Harapan akan terbentuknya pribadi yang semakin shaleh merupakan niatan awal yang harus terpatri dalam benak seluruh calon jamaah yang akan berangkat ke Baitullah. Hal selanjutnya yang harus menjadi perhatian calon jama’ah adalah pemahaman tentang pelaksanaan ibadah ditanah suci. Tentang pelaksanaan ibadah dan jadwal perjalanan selama di tanah suci sebenarnya sudah di programkan oleh penyedia jasa program Umrah. Namun, nyatanya tidak semua penyelenggara Umrah memiliki program bimbingan ibadah dan perjalanan yang sesuai dengan harapan. Oleh karena itu memilih dan menentukan penyedia jasa perjalanan ibadah umrah adalah hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan kemabruran ibadah.

Berikut ini saya sampaikan beberapa aspek yang biasanya dijadikan standar oleh masyarakat maupun penyelenggara umrah dalam pemilihan program ibadah, berikut beberapa Tips memilih paket umrah yang ideal, diantaranya:

1.    Harga Paket

Biaya program Umrah atau Haji yang terjangkau/murah masih menjadi pertimbangan yang dominan baik dikalangan calon jama’ah maupun di antara sesama penyelenggara ibadah. Hal ini bisa dipahami mengingangat biaya untuk pergi ke tanah suci membutuhkan dana yang tidak sedikit, sehingga mencari penyelenggara ibadah yang menyediakan paket ibadah umrah yang murah masih menjadi pilihan. Namun, tentunya harga paket ini akan berpengaruh pada fasilitas dan pelayanan yang disediakan oleh penyelenggara. Jadi bagi calon jama’ah yang mencari harga paket Umrah yang murah maka bersiap-siaplah untuk ‘tidak rewel’ dalam fasilitas dan pelayanan.

2.    Fasilitas

Sebagaimana yang tadi disebutkan harga paket akan berbanding lurus dengan fasilitas yang diberikan. Fasilitas yang dimaksud diantaranya adalah penginapan / hotel, transportasi (pesawat, bus), dan pelayanan makan (katering/restoran hotel). Calon jama’ah harus benar-benar memastikan ketiga hal ini sesuai dengan harapan, karena tidak sedikit calon jama’ah yang malah tidak memerdulikan hal ini dengan pertimbangan yang penting berangkat untuk beribadah. Padahal keberadaan penginapan, penerbangan, dan pelayanan makan juga akan berpengaruh pada kekhusyuan mereka nantinya saat beribadah di tanah suci.

Penginapan/hotel di tanah suci terutama di wilayah Masjidil Haram dan Nabawi begitu banyak tersebar, ada yang sangat dekat ke Masjid, namun yang jaraknya jauh ke Masjid juga banyak. Biasanya penyelenggara umrah sudah menentukan dimana hotel tempat menginap jamaah selama di Makkah ataupun di Madinah. Calon jama’ah harus memastikan apa nama hotelnya dan berapa jarak dari hotel tersebut ke Al-Haram (Masjdidil Haram atau Masjid Nabawi). Tidak ada salahnya juga calon jama’ah mengecek kebenaran info hotel dengan browsing di internet.

Di samping jarak dari Masjid, juga yang tak kalah pentingnya adalah tentang makanannya. Calon jama’ah bisa menanyakan apakah makannya di restoran hotel (fullboard) atau memakai katering dari luar (restaurant use). Kalau memang memakai restoran hotel berarti calon jama’ah akan mendapatkan pelayanan dari hotel namun apabila memakai katering dari luar maka makanan itu didatangkan dari penyedia jasa katering di luar hotel. Biasanya harga restoran hotel jauh lebih mahal daripada memakai katering dari luar hotel.

Di samping hotel, fasilitas lain yang juga harus diperhatikan adalah penerbangan. Beberapa penerbangan yang melayani rute jakarta-saudi di antaranya: Garuda Indonesia Airlines, Saudi Arabian Airlines, Lion Air, Batavia Air, Emirates, Etihad Airways, dan Qatar Airways. Beberapa penerbangan tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Yang perlu diperhatikan oleh calon jama’ah adalah rute perjalanannya. Ada yang direct, yaitu penerbangan dari Jakarta langsung ke bandara King Abdul Azis Jeddah atau ke bandara Amir Mahmud bin Abdul Azis Madinah. Namun ada pula yang transit, yaitu singgah dahulu di satu negara sebelum ke bandara Jeddah atau Madinah. Yang mana yang paling baik? Berdasarkan pengalaman, yang paling baik adalah penerbangan yang langsung (direct) karena kalau transit (singgah) dahulu maka waktu tempuh menjadi semakin lama dan sangat mungkin menjadi sangat lelah karena turun naik pesawat dan menunggunya juga cukup memakan waktu, paling cepat 4 jam di bandara transit. Bagi travel penyelenggara bimbingan Umrah yang terbang menggunakan pesawat transit seperti: Etihad, Emirates, Qatar, Turkish biasanya harga paket program umrahnya lebih murah.

3.    Pembimbing Ibadah

Umrah adalah perjalanan Ibadah yang tentunya sangat berbeda dengan perjalanan wisata biasa. Umrah syarat akan nilai ibadah dan keyakinan akan semakin tumbuh dan menguatnya nilai-nilai spiritual kita. Oleh karenanya aspek pelayanan bimbingan ibadah haruslah menjadi aspek yang utama yang dipilih oleh para calon jama’ah umrah. Para calon jama’ah harus benar-benar memastikan pelayanan bimbingan mendapatkan porsi yang dominan dari sebuah paket program umrah. Salah satu yang harus menjadi perhatian dalam bimbingan ini adalah keberadaan pembimbing ibadah. Para calon jama’ah harus benar-benar memastikan kalau program umrah akan dibimbing oleh pembimbing yang memiliki kompetensi yang baik, berpengalaman, dan yang penting adalah mampu mengarahkan seluruh jama’ah pada pelaksanaan ibadah yang benar, yaitu yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw.

Para calon jama’ah jangan sungkan dan ragu untuk menanyakan kapasitas keilmuan dan pengalaman pembimbing ibadah, karena melalui pembimbing ibadah inilah para jama’ah akan dibina dan diarahkan untuk melaksanakan ibadah yang benar berdasarkan ketentuan yang sudah digariskan.

4.    Kualitas Bimbingan

Aspek yang terakhir adalah kualitas bimbingan. Aspek terakhir inilah yang harus menjadi prioritas dalam menentukan penyelenggara bimbingan ibadah umrah. Kualitas bimbingan tidak bisa direkayasa oleh penyedia jasa bimbingan, namun kualitas bimbingan akan dengan sendirinya eksis berdasarkan ekspektasi para alumninya, kepercayaan publik, serta reputasi lembaga. Sebelum calon jamaah memilih penyelenggara bimbingan, sebaiknya meminta pertimbangan dari keluarga/saudara/teman yang sudah berangkat ke baitullah. Mintalah saran kepada mereka travel mana saja yang memiliki kualitas bimbingan yang baik dan travel mana saja yang memiliki kualitas kurang baik.

Demikian beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh para calon tamu Allah. Selamat berencana semoga apa-apa yang kita harapkan dan kita cita-citakan bisa tercapai. Amiin Yaa Rabbal A’lamiin.


Share This :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kami siap membantu anda !

×