MUSLIM TOUR
Magnificent UZBEKISTAN
The Heart of Central Asia

BEST OF UZBEKISTAN 8D7N | UZBEKISTAN + TURKEY 10D9N| JADWAL UMRAH 2018 | PROGRAM HAJI


Uzbekistan merupakan salah satu dari 15 pecahan republik Soviet yang dibubarkan secara resmi pada bulan Desember 1991. Dari 1925 – 1990 Uzbekistan di bawah pemerintahan USSR yang memberlakukan kebijakan politik tertutup sehingga seluruh dunia tidak mengetahui bahwa terdapat khazanah Islam yang amat berharga di Uzbekistan.

Negara Uzbekistan ini terletak di Asia Tengah dan terkurung daratan kering batas-batas negara disekitarnya: Kazakhstan di sebelah barat dan utara, Kirgizstan dan Tajikistan di timur dan Afganistan dan Turkmenistan di selatan. Sekitar 31.85 juta penduduk (world bank, 2016) yang menghuni Uzbekistan. Ozbek adalah penduduk Uzbekistan yang merupakan jantung sejarah di Asia Tengah.  Kata Ozbek terbentuk dari oz (“sejati/asli”) dan bek (“pemimpin/bangsawan”) sehingga “Ozbek” berarti “bangsawan” atau “pemimpin sejati”.

Posisi Negara Uzbekistan dalam Peta Dunia

Islam adalah agamadominan di Uzbekistan sekitar 96,3 % penduduk Uzbekistan Muslim, selebihnya penganut Kristen Ortodoks, dan Yahudi. berwisata di Uzbekistan berarti menelusuri sejarah dan budaya Islam, diantaranya Tempat-tempat menarik di Uzbekistan meliputi kota kuno Tashkent, Makam Kaffali-Shash, Madrasah Kukeldash, Museum Seni Nasional, Registan Square, Shir Dor dan Tilya Kari, Masjid Bibi Khanyum, Shah-e- Zinda, Museum Afraisab, Masjid Kalyan dan Menara Kalyan, Madrasah Ulug Beg, Kota Urgench, dan Galeri Seni Nukus.

Ibu kota Uzbekistan adalah Tashkent. Kota ini sudah berusia lebih dari 2000 tahun. Sekarang Tashkent terkenal sebagai salah satu pusat ilmu pengetahuan dan kebudayaan dunia. Akademik Opera dan Teater Ballet adalah benar-benar unik dengan arsitektur dan desain interiornya. Lapangan Teatrikal dengan air mancur  yang menarik di tengah-tengah teater adalah tempat pavorit rekreasi bagi penikmat kota Tashkent dan para pengunjung lainnya. Hal lainnya yang menarik adalah Kota Tashkent ini adalah sedikit dari kota di dunia dimana kamu bisa menyaksikan malam dengan terang bintang di langit karena rendahnya kandungan gas.

Suasana malam hari di Kota Tashkent Ibu Kota Uzbekistan

Selain Taskhent sebagai Ibukota, ada kota lainnya yang tak kalah menarik. Kota tua di Uzbekistan telah berusia 2750 tahun, dan yang paling terkenal adalah Samarkand (bersama dengan Roma) adalah salah satu kota tertua di dunia. Kota Jalur Sutera ini adalah tempat bagi bangunan menarik yang berubin dari kobal biru langit, aqua dan ubin warna biru kehijauan. Mulai dari Registan, yaitu situs arsitektur paling dramatis di Asia Tengah, menuju Masjid Bibi-Khanym, sampai makam Gur-E-Amir, yaitu tempat peristirahatan Timur dan Shah-i-Zinda yang menakjubkan, Samarkand merupakan kota yang luar biasa.

Bukhara adalah salah satu mutiara Jalur Sutera Besar. Pada zaman kuno lebih dari 60 karavan berada di sini untuk berdagang dari India, Cina, Iran, dan negara lainnya. Bukhara mempunyai peninggalan oasis, pusat ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang besar di Jalur Sutera Besar. Fakta membuktikan bahwa kota ini berada di persimpangan jalur karavan, adalah kubah peninggalan abad ke-15 – 16-an seperti Toki Sarrafon (kubah tempat penukaran uang), Toki Telpak Furushon (kubah tempat penjual penutup kepala/topi), dan Toki Zargaron (kubah penjual mutiara) yang masih bisa dijumpai sampai sekarang.

Khiva merupakan salah satu dari sedikit kota di dunia yang bangunan bersejarahnya masih terawat sampai sekarang. Arsitektur monumental Khiva dari peninggalan akhir abad ke-18 sampai pertengahan abad ke-19 membentuk kota yang penuh gairah selama tiga generasi sampai sekarang. Monumen-monumen dan bangunan bersejarah di kota Khiva adalah Ichan-Kala (akhir abad 18 dan awal abad 19), Madrasah Allahkulikhan (1834/1835), Madrasah Kutlug-Murad-Inak (1804/1812), Tim dan Caravansary Allahkulikhan (abad 19), Madrasah Abdullakhan (1865), Masjid dan Majlis Anush Khan (1657), Tash-Hauli (istana Allahkulikhan (1830/1836), Masjid Okmachit (1832/1842),  Masjid Jamaah Jum’at dan Menara (1788/1789), Makam Said Allaudin (abad 14), Madrasah Muhammad Amin Khan (1851/1852), Menara Kalta Minor (1855), Kunya-Ark (1868/1888),  Menara Tura-Murat-Tur (1888), Madrasah Shergazi Khan (1718/1720), Masjid Baglandi (abad 19), dan Madrasah Arabkhan (1838).

 


BEST OF UZBEKISTAN 8D7N | UZBEKISTAN+TURKEY 10D9N | JADWAL UMRAH 2018 | PROGRAM HAJI


Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*